JELANG SEMARAK 15 TH RADIO TOPFM

Live Radio Streaming

Post info

Labels:


Comments 0


Author: topfm Bumiayu

topfm951.net-“Kan kuhapus bibirnya dari bibirmu
dengan bibirku, dengan bibirku…”

Tak banyak grup band perempuan di Indonesia. Kemunculan mereka terhalang oleh budaya patriarkal yang menutup kesempatan para perempuan dalam ruang berkarya. Pertengahan tahun 1960-an bisa dikatakan sebagai awal gebrakan dalam musik tanah air dimana telah melahirkan grup band perempuan yang sempat go international. Namun karena banyak faktor, kehadiran grup band perempuan di Indonesia hanya bertahan hingga awal 1970-an.

Setelah setengah abad berlalu, kemunculan band perempuan di Indonesia tetap bisa dihitung dengan jari. Samantha adalah salah satunya. Band yang beranggotakan Milsha (vokal), Keke (bass), Moniq (gitar) dan Windy (drum) ini terbentuk sejak tahun 2007. Seperti halnya band-band yang lain, mojang-mojang asal Bandung tersebut menyisakan banyak cerita mulai dari proses pembentukan hingga bisa bertahan sampai saat ini.

Dalam hal kemampuan bermusik, personil Samantha tak perlu diragukan lagi. Mereka memiliki jam terbang yang cukup tinggi. Sang vokalis, Milsha, telah wara-wiri di berbagai cafe terkenal di Bandung sebagai vokalis band. Selain itu, ia juga melakoni pekerjaan sebagai backing vocal beberapa penyanyi profesional. Pengalaman Keke dan Moniq pun tak jauh berbeda. Mereka sudah kenyang bermain di panggung cafe dan berbagai festival musik. Lalu sang drummer, Windy, ia merupakan anggota termuda di Samantha. Tak hanya mahir menggebuk drum, perempuan berusia 19 tahun itu seorang multi-instrumentalis bahkan pernah dinobatkan sebagai drummer terbaik dalam sebuah festival.

Ajang A Mild Live Wanted 2009 regional Jawa Barat merupakan salah satu petualangan Samantha dalam merebut perhatian pecinta musik tanah air. Saat itu, mereka menjadi satu-satunya finalis yang semua personilnya perempuan. Tak lama sesudah itu, mereka mulai sibuk dengan berbagai aktivitas rekaman. Salah satunya mengerjakan soundtrack film layar lebar berjudul Virgin 2.

Kali ini Samantha hadir untuk memberi warna baru di dunia musik tanah air dengan mengeluarkan single pertama berjudul Bibir. Lirik melodius dalam irama musik rock yang menghentak menjadi andalan dalam petualangan mereka di dunia musik profesional. Lagu ini juga menjadi cara Samantha dalam mengeksplorasi kemampuan musik mereka.

Bagian refrain dalam lagu Bibir mungkin tak asing bagi penikmat sastra. Sebab terinspirasi dari cerpen sensasional karya salah seorang sastrawan besar Indonesia, Hamsad Rangkuti berjudul Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu? Keseriusan Samantha menggarap potongan kalimat puitis tersebut membuat musik mereka tak sekedar apik namun memiliki lirik yang padat berisi.

Sebagai pendatang baru, Samantha mencoba melawan asumsi bahwa musik rock hanya milik laki-laki. Kehadiran mereka adalah bukti bahwa perempuan pun bisa mendirikan band yang mampu memberikan hiburan maksimal, baik secara atraksi panggung maupun secara kualitas musik. Melihat keseriusan Samantha, bisa jadi di kemudian hari mereka bisa menggeser eksistensi band yang melulu isinya laki-laki.

0 comments:


Live Radio Streaming topfm951.net # 05.00 MQ Pagi # 06.00 Warta Singosari # 07.00 IN Dangdut # 09.00 Tembang Jawa #11.00 Kenangan # 13.00 Dangdut Ngetop # 15.00 Tren Musik Indonesia # 17.00 VOI # 18.30 Warta Singosari # 19.00 Musik to Orang Muda # 21.00 Top Request # 23.00 Solusi malam @01.00 Closing

Google+ Followers

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online : 085602037951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj | 08156516989|085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id
Copyright 2010 | topfm951 | bumiayu | Radio