JELANG SEMARAK 15 TH RADIO TOPFM

Live Radio Streaming

Post info

Labels: , , , , , , ,


Comments 0


Author: topfm Bumiayu

Sapi Jabres
Sapi Jabres merupakan salah satu sumberdaya genetik ternak (SDGT) lokal khas Brebes. Sapi Jabres diduga merupakan hasil persilangan antara Sapi Madura atau Sapi Bali dengan sapi lokal atau Ongole. Sapi ini berkembang dengan baik di daerah dataran tinggi Kabupaten Brebes bagian selatan. Daerah tersebut berada pada ketinggian > 800m dpl, dengan curah hujan rata rata berkisar antara 233 - 565 mm dan jumlah hari hujan berkisar antara 76 - 140 hari per tahun.

Keberadaanya penting sebagai salah satu sarana dalam mengembangkan industri peternakan dan mempunyai peran yang menentukan dalam upaya peningkatan produktivitas ternak. SDGT lokal seperti ini pada umumnya memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan setempat, mampu memanfaatkan pakan yang berkualitas rendah dan mempunyai daya reproduksi yang baik.

Analisis Restriction Fragment length Polymorphism (RFLP) merupakan salah satu metode untuk mendeteksi kekerabatan pada tingkat sekuen DNA yang dapat dilakukan pada plasma nutfah sapi potong di Indonesia. Pentingnya informasi mengenai hubungan kekerabatan ini diharapkan dapat mendukung program breeding untuk pemanfaatan dan pengembangan plasma nutfah sapi potong yang ada di Indonesia. Penelitian ini merupakan kerja sama antara Lolit sapi Potong dengan Laboratorium Biologi Molekuler Universitas Brawijaya Malang, sampel darah berasal dari sapi potong lokal yang ada di Indonesia antara lain Sapi Jabres, Galekkan, SO, Pesisir, Madura, PO, Bali, Mandras, Aceh, Benggala dan sapi Bengkulu.
Isolasi DNA dilakukan dengan menggunakan metode salting out kemudian dilakukan elektroforesis gel agarosa untuk mengetahui DNA hasil isolasi. Isolat DNA genom yang telah diperoleh digunakan sebagai bahan dasar pemotongan DNA dengan enzim restriksi. Enzim restriksi yang digunakan ada tiga macam yaitu EcoRI, HindIII dan HaeIII. Data hasil pemotongan dianalisis dengan menggunakan program clad 97 dan dikelompokkan berdasarkan persentase kekerabatan tiap plasma nutfah sapi potong.

Ciri - ciri Sapi Jabres :
Warna bervariasi dari coklat, coklat keputihan, putih, coklat kehitaman dan hitam, yang jantan biasanya coklat kehitaman sampai hitam dan yang betina umumnya coklat.
Pada umumnya tidak berpunuk
Bentuk tubuh ramping dan padat, struktur dagingnya padat
Ciri khusus yang membedakan dengan jenis sapi lain adalah pantat dan kaki belakang berwarna putih, adanya garis hitam mulai dari punggung sampai ekor.

Keunggulan Sapi Jabres :
Resisten terhadap serangga
Tahan terhadap kondisi lingkungan dan pakan yang terbatas
Struktur dagingnya padat
Persentase karkas berkisar antara 45 - 50%
Kualitas kulitanya bagus
Dapat berfungsi sebagai ternak kerja

Sapi Jabres Dapat Pengakuan :
Kementerian Pertanian RI belum lama ini telah menetapkan Sapi Jabres (Jawa Brebes) sebagai salah satu rumpun sapi lokal dan kekayaan sumber daya genetik lokal Indonesia. Penetapan tersebut dikeluarkan pada Rabu, 26 September 2012 melalui Surat Keputusan Meneteri Pertanian Nomor 2842/kpts/LB.430/8/2012 tentang Penetapan Rumpun Sapi Jabres.
Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Brebes Ir Nono Setiyawan saat ditemui Selasa (9/10) mengatakan, penetapan dan pemberian SK tersebut dilakukan di Bandung dua pekan lalu. Menurutnya, penetapan rumpun sapi jabres itu dilakukan setelah sebelumnya dilakukan penelitian oleh lembaga penelitian Universitas Diponegoro (Undip) dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Semarang.
Untuk penyebaran sendiri, tambahnya, sapi jabres saat ini tersebar di lima kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Banjarharjo, Ketanggungan, Larangan, Bantarkawung dan Salem. Sedangkan untuk populasi sendiri saat ini ada sekitar 25 ribu ekor yang tersebar di lima kecamatan itu.
@berbagai sumber
dj-01/topfm podPress Popup Player

0 comments:


Live Radio Streaming topfm951.net # 05.00 MQ Pagi # 06.00 Warta Singosari # 07.00 IN Dangdut # 09.00 Tembang Jawa #11.00 Kenangan # 13.00 Dangdut Ngetop # 15.00 Tren Musik Indonesia # 17.00 VOI # 18.30 Warta Singosari # 19.00 Musik to Orang Muda # 21.00 Top Request # 23.00 Solusi malam @01.00 Closing

Google+ Followers

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online : 085602037951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj | 08156516989|085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id
Copyright 2010 | topfm951 | bumiayu | Radio