RADIO SINGOSARI TOPFM || 95.1 MHz ||MORE THAN JUST RADIO ||INSPIRING RADIO ||

Live Radio Streaming


KLIN MORE PLAYER
Post info

Labels: , ,


Comments 0


Author: topfmbumiayu



Idza: Niatkan Berhaji Sejak Kecil

Brebes- Topmani, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE mengajak kepada 7.420 anak Raudlatul Athfal (RA) untuk berniat haji sejak masih kecil. Sebab, apa yang menjadi cita-cita manusia akan tercapai manakala sudah diniatkan sejak kecil. Begitupun dengan cita-cita menunaikan ibadah haji,  harus diniatkan sejak awal.

Demikian disampaikan Bupati Brebes saat membuka manasik haji RA ke-6 se Kabupaten Brebes di Islamic Center Brebes, Kamis (24/3/16) lalu.

Menurutnya, bimbingan ibadah haji sangat penting agar mengerti akan rukun dan sunah-sunahnya. Sehingga ketika menunaikannya kelak bisa dilaksanakan dengan muda dan tidak banyak menambah masalah. “Karena ketidaktahuannya tentang mana yang rukun dan mana yang sunah, maka sering terjadi pemaksaan kehendak dari para jamaah haji yang mengakibatkan terjadinya insiden yang tidak diinginkan,” kata Bupati.

Bupati sangat bangga dengan adanya manasik haji yang dilakukan anak-anak seusia taman kanak-kanak, sebagai bekal untuk menunaikan ibadah haji kelak. “Mari kita bimbing, ajak, dan laksanakan latihan ibadah haji ini dengan tertib. Peragakan pelaksanaan Ibadah Haji sesuai dengan rukun dan syarat syahnya ibadah haji,” ucapnya.

“Saya berharap RA akan lebih maju dan guru serta lembaganya juga ada kesetaraan dengan TK dan PAUD karena sama sama membimbing anak-anak Brebes, untuk mencetak generasi emas yang berkualitas,” pungkasnya.

Ketua Panitia H Robihun MPd melaporkan, dalam kegiatan manasik haji, peserta didik akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya ibadah haji , persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya. “Kami mengemas dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci yang sesungguhnya,” kata Robihun yang juga Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Brebes.

Kegiatan yang mengambil tema Manasik Haji, Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini bertujuan untuk memberikan pengalaman serta pembelajaran dengan cara praktek langsung tentang ibadah haji dan umrah kepada peserta didik Raudhatul Athfal se-kabupaten Brebes.

Peserta diberangkatkan dari RA masing-masing dan akan tiba di Islamic Center pada Kamis Pon, (24/3) pukul 08.00. Sebanyak 7.420 Anak berangkat dengan mengggunakan kendaraan masing-masing didampingi 7.420 orang tuanya masing. “Mereka di bina oleh 976 guru pembimbing.

Untuk menghindari macet, maka kendaraan peserta diberlakukan satu arah ke utara di Jalan Yos Sudarso mulai pukul 08.00 sampai 11.00 WIB. Kendaraan bisa keluar ke arah timur melalui jalan KH Hasyim Asyari atau ke barat jalan KH Ahmad Dahlan.

Ketua Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Rokhyati menambahkan, manasik haji merupakan kegiatan out class. Diharapkan, peserta akan selalu teringat dan termotivasi untuk melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya. Manasik haji bagi anak RA digelar setiap dua tahun sekali berselang dengan Festifal Anak Sholeh (FASI).

Rokhyati menambahkan, RA yang merupakan institusi pendidikan usia dini di jajaran kementerian agama sudah menjamur hingga mencapai lebih dari 200 buah dengan 7600 peserta didik. Dengan manasik ini, menunjukan adanya kemauan dan kemampuan yang keras dari para pelaku pendidikan usia dini di lingkup kementerian agama. (wsd/topfm)

0 comments:


PROGRAM ACARA UNGGULAN : 05-06 NGAJI PAGI * 06-07 INFO PAGI*07-09 INDONESIA DANGDUT*09-11 LAGU JAWA* 11-13 KENANGAN*13-15 DANGDUT NGETOP*15-17 TREN MUSIK INDO* 19-21 MUSIK TO ORANG MUDA*21-00 TOPREQUEST

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online | WA : 0856 0203 7951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj |085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id