JELANG SEMARAK 15 TH RADIO TOPFM

Live Radio Streaming

Post info

Labels: , ,


Comments 0


Author: topfm Bumiayu


Komunitas SSRM


Dikukuhkan Komunitas Sekolah Safety Riding Mandiri

Bulakamba Brebes – Topmania, Koordinator Analisis Safety Riding Semarang Oke Desiyanto mengukukuhkan komunitas Sekolah Safety Riding Mandiri (SSRM) SMK Negeri 1 Bulakamba. Pengukuhan ditandai dengan pemakaian kelengkapan berkendara lalu lintas dan penyerahan bantuan buku tata tertib dan panduan berkendara  sepeda motor. Pengukuhan dilakukan secara simbolis kepada 10 siswa yang merupakan perwakilan dari 6 paket keahlian yang ada di sekolah tersebut.

Oke menjelaskan, Komunitas SSRM ini memiliki tugas mensosialisasikan dan menerapkan safety riding baik menyangkut keamanan berkendara dari Manusianya maupun dari segi kendaraan bermotor, sampai akhirnya mengantarkan siswa ditest untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

“SIM C menjadi prasyarat bagi siswa untuk bisa mengikuti seleksi masuk ke dunia kerja, kerja di Industri,” kata Oke.

Oke menilai, secara umum para siswa sudah mengetahui peraturan berkendara sepeda motor, tetapi sering tidak memperhatikan keselamatan. Untuk itu, perlu dilakukan langkah-langkah mengingatkan, mensosialisasikan dan melaksanakan upaya berkendaraan yang aman dan nyaman. “Pembiasaan berkendaraan yang aman dan nyaman harus menjadi budaya di kalangan para siswa,” tekadnya.

Kepala SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Slamet Riyadi MPd menyambut baik dibentuknya komunitas SSRM, karena diterapkan dalam kehidupan berlalu lintas dan bisa menjadi teladan bagi siswa lain. “Pengetahuan dan ketrampilan serta sikap beretika bagi peserta didik dalam berlalu lintas, mutlak diperlukan karena menyangkut keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya,” kata Slamet.

Dengan dibentuknya komunitas SSRM, pihak sekolah memasukan SSRM sebagai kegiatan resmi ekstrakurikuler di SMK N 1 Bulakamba. Secara personal, siswa akan mendapatkan pembekalan dan pelatihan khusus dari Astra Honda Indonesia perwakilan Semarang. Demikian juga menyangkut materi kegiatan juga sudah disiapkan secara terstandar dan lengkap dari Astra Honda.

Terlihat, ratusan siswa siang itu berbaris memadati halaman SMK Negeri 1 Bulakamba, lalu beradu sigap memeriksa kopling, rem, roda, oli dan rantai sepada motor. Tampak gagah dengan mengenakan jaket, helm, kaos tangan dan sepatu sebagai perlengkapan berkendara sepeda motor. Tidak ketinggalan sebagian bapak guru dan karyawan yang sedang tidak bertugas juga ikut praktek Safety Riding yang di gelar oleh Tim Safety Riding Astra Motor Indonesia perwakilan Semarang.

Dibawah bimbingan Instruktur Safety Riding Suko Edi dan kawan kawan, mereka sangat antusias mengikuti kegiatan yang mengandung nilai-nilai pendidikan berlalu lintas itu. Kegiatan ini didukung pula sponsor dealer Honda Jaya Sentosa, Naga Mas dan Putri Jaya, serta di fasilitasi oleh Tim Budaya Industri SMK Negeri 1 SMK Negeri 1 Bulakamba.

Ratusan siswa dari kelas X dan XI sebagai perwakilan dari masing masing kelas, Pengurus OSIS, Pramuka, PMR dan Rohis.

Sebelum menjalani praktik, para peserta diberi materi Safety Riding yang berlangsung di aula SMK Negeri 1 Bulakamba sekitar 90 menit. Meliputi sebelum mengendarai sepeda motor, berupa kesiapan helm, sepatu, celana, jaket, kaos tangan dan fisik sang pengendara.

Peserta juga dibekali tentang etika  berkendara, pengetahuan berkendara di jalan raya serta pola pola bahaya yang sedang terjadi di jalan raya. “Intinya, berkendara sepeda motor yang aman dan nyaman mulai akan membawa kendaraan, di tempat parkir sampai di jalan raya,” terang Oke.

Syaeful Ulama Muklas, salah seorang siswi dari kelas XI TSM mengaku senang dengan kegiatan SSRM, Karena bisa menambah pengetahuan dan ketrampilan berkendara lalu lintas di jalan raya, “Terus terang, saya dan teman teman masih kurang peduli terhadap kendaraan dan kelengkapan yang harus disiapkan saat berkendara,” ungkapnya polos.


Syaeful berjanji, ke depan akan lebih memperhatikan keselamatan berkendara, memperhatikan kondisi motor dan etika berlalu lintas serta  menyiapkan kelengkapan  sebelum berkendara di jalan raya. (wsd/topfm)

0 comments:


Live Radio Streaming topfm951.net # 05.00 MQ Pagi # 06.00 Warta Singosari # 07.00 IN Dangdut # 09.00 Tembang Jawa #11.00 Kenangan # 13.00 Dangdut Ngetop # 15.00 Tren Musik Indonesia # 17.00 VOI # 18.30 Warta Singosari # 19.00 Musik to Orang Muda # 21.00 Top Request # 23.00 Solusi malam @01.00 Closing

Google+ Followers

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online : 085602037951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj | 0815 651 6989|085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id
Copyright 2010 | topfm951 | bumiayu | Radio