JELANG SEMARAK 15 TH RADIO TOPFM

Live Radio Streaming

Post info

Labels: , ,


Comments 0


Author: topfm Bumiayu



Sekdes Se Pringsewu Belajar ke Brebes
Brebes – Topmania, Ratusan Sekretaris Desa (Sekdes) yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Sekretaris Desa Seluruh Indonesia (Forsekdesi), Kabupaten Pringsewu, Lampung, belajar ke Brebes. Mereka berusaha menggali berbagai informasi kebijakan yang diterapkan oleh Bupati Brebes terkait keberadaan desa dan sekretaris desa serta kondisi potensial yang di miliki Kabupaten Brebes agar bisa di akselerasi di kabupaten Pringsewu.
Demikian pengantar dari Ketua Forsekdesi Dasipo selaku pimpinan rombongan saat berkunjung ke pendopo Bupati Brebes, Sabtu (9/4/16) lalu.
Dia menjelaskan, rombongan yang dibawa sebantak 214 orang dari 126 desa, 5 kelurahan dan  9 kecamatan. Turut mendampingi Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Pringsewu Sukarman, dan Kepala Dishubkominfo Pringsewu Zahron.
Selain Studi banding, kata Dasipo, kedatangannya ke Brebes yang lebih utama adalah silaturahmi dan menggali berbagai potensi terutama tentang peraturan daerah yang menyangkut keberadaan Sekdes dan Peningkatan ekonomi melalui tanaman bawang merah dan telor asin.
Dia menambahkan, acara studi banding merupakan hadiah dari Bupati sebagai kado ulang tahun ke 7 kabupaten Pringsewu yang jatuh pada tanggal 3 April lalu.
Diceritakannya, Pringsewu memiliki luas 225 kilometer persegi dengan penduduk sebanyak 312.000 orang. Penduduk tersebut mayoritas masih keturunan Jawa Tengah dan DIY. “Hampir 90 persen penduduk kami adalah orang-orang jawa bahkan ngapak, seperti Brebes,” ujarnya.
Dia mengaku sangat minim Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA).  Pringsewu mengandalkan pada sektor jasa, juga berkonsentrasi pada pendidikan sehingga menguatkan diri sebagai kota pendidikan dengan mengandalkan enam buah perguruan tinggi. "Alhamdulillah pendidikan di Pringsewu jadi rujukan di Sumut," terangnya.
Dana desa dan Alokasi Dana Desa hanya berkisar antara Rp 800 juta sampai Rp 900 juta per tahun. Untuk itu, perlu belajar lebih banyak agar kesejahteraan masyarakat desa di Kabupaten Pringsewu dapat meningkat.
Rombongan diterima Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Brebes Amrin Alfi Umar beserta staf. Atas nama Bupati, dia menyampaikan salam hangat dan mengaku senang dengan kedatangan saudara sebrang yang mau bertandang ke kota bawang. Tentunya, apa yang mereka butuhkan akan diberikan penjelasan tanpa tedeng aling-aling.
Amrin menjelaskan tentang demografi Kabupaten Brebes yang luas meliputi lautan, daratan hingga pegunungan merupakan daerah terluas kedua setelah Cilacap. Penduduknya juga terbanyak se Jawa Tengah Tanaman bawang merah merupakan komoditas andalan Kabupaten Brebes dan menjadi pemasok nasional.
Dengan gamblang, Amrin yang juga senang bercocok tanam ini menceritakan tentang bertani bawang ibarat memelihara seorang manusia yang baru lahir. Bawang harus diasuh, dirawat, disiram, disayangi bahkan kadang harus tidur bareng dengan bawang. “Namun demikian, untuk mendapatkan hasil bawang yang bagus, saat menyiram kondisi badan tidak boleh dalam keadaan punya hajat besar, harus mandi dulu. Karena harus dalam keadaan suci,” paparnya.
Pun banyak orang Brebes yang bercocok tanam di luar daerah, maka pantangannya adalah jangan sampai mudah tergiur oleh perempuan diluar rumah. “Jangan mudah tergiur dengan tawaran bantal, karena bisa apes. Bawangnya bisa melepes,” kata Amrin tidak bermansud berseloroh.
Dia juga menjelaskan tentang rencana Kabupaten Brebes akan menyelenggarakan Pesta Demokrasi Pilkades serentak pada 17 April mendatang. “Sebanyak 38 desa se Kabupaten Brebes bakal punya gawe Pilkades serentak,” tuturnya.
Acara yang berlangsung gayeng, diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bareng. Rombongan selanjut bertolak ke Bantul DIY. (wsd/topfm)

0 comments:


Live Radio Streaming topfm951.net # 05.00 MQ Pagi # 06.00 Warta Singosari # 07.00 IN Dangdut # 09.00 Tembang Jawa #11.00 Kenangan # 13.00 Dangdut Ngetop # 15.00 Tren Musik Indonesia # 17.00 VOI # 18.30 Warta Singosari # 19.00 Musik to Orang Muda # 21.00 Top Request # 23.00 Solusi malam @01.00 Closing

Google+ Followers

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online : 085602037951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj | 0815 651 6989|085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id
Copyright 2010 | topfm951 | bumiayu | Radio