RADIO SINGOSARI TOPFM || 95.1 MHz ||MORE THAN JUST RADIO ||INSPIRING RADIO ||

Live Radio Streaming


KLIN MORE PLAYER
Post info


Comments 0


Author: topfmbumiayu

 


www.topfm951.net (Sirampog) - Untuk mencegah terjadinya bencana dan melindungi kawasan hutan Pemerintah Kab. Brebes melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes menggandeng beberapa sponsor dan relawan  menggelar rangkian kegiatan Penanaman Bersama dalam rangka rehabilitas kawasan hutan lindung wilayah Kab. Brebes di Desa Dawuhan Kec.Sirampog Kab. Brebes Sabtu, 18 November 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kab. Brebes La Ode Vindar Aris Nugroho, AP,M.SI dalam laporannya di hadapan Pj Bupati Brebes menjelaskan bahwa gerakan penanaman kembali ini menjadi titik tolak kembali berfungsinya hutan lindung dengan mengembalikan fungsi ekosistem dan kesuburan tanah serta menjadi kawasan penyangga air untuk melindungi sumber sumber mata air di wilayah tersebut.



Semenentara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan Provinsi Jawa Tengah Widi Hartanto, ST, MT  mewakili Pj. Gubernur Jawa Tengah menyampaikan bahwa dari data laporan yang ada tercatat kerusakan hutan ±154 Ha dengan rincian ±106 Ha di wilayah Desa Dawuhan Kec. Sirampog Brebes dan ±48 Ha masuk di wilayah Desa Sigedong Kec. Bumijawa Kab. Tegal.

Di jelaskan oleh Widi bahwa hal ini tidak boleh lagi terjadi oleh karena itu perlunya edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan lindung agar tidak berdampak pada terjadinya bencana banjir atau pun tanah longsor.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH,MH dalam sambutannya bahwa saat ini pihaknya merasa miris dan prihatin dengan melihat kondisi hutan lindung yang ada dimana permabahan hutan ini bedampak negatif pada ekosistem seperti berkurangnya debit air yang mengakibatkan kekeringan serta labilnya kondisi tanah yang bedampak pada bencana tanah longsor.

Hal ini diperlukan langkah yang tepat guna mengatasi hal tersebut agar hutan lindung tetap terjaga dan para petani juga dapat tetap dapat menjaga lingkungan hutan.



Penanaman Bersama dalam rangka rehabilitas kawasan hutan lindung  di laksanakan di Petak 15 dan Petak 16 RPH Pekalongan Barat dengan luas ±20 Ha di Kabupaten Brebes dan ±10 Ha di wilayah Kab. Tegal atau baru 19 persen dari total luas kerusakan.

Untuk jenis tanaman yang di tanam  ada sebanyak 8.000 bibit pohan antara lain  pohon agathis, Kayu Afrika, Masamala, Suren, buah-buahan, bambu, Kopi Arabika dan rumput gama umami .

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan langsung bantuan bibit pohon, paket sembako dan telor yang di serahkan secara simbolik oleh Pj. Bupati Brebes.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Tegal, Kasdim 0713 Brebes, Wakapokres Brebes, Ka Divre Perhutani Jateng, Ka BPDAS Pemali Jartun, IOF Pangcab Tegal Raya ,perwakilan PT Charoen Pokphan Jaya Farm dan Para Camat serta tamu undangan lainnya.

Reporter Bayu/risqy

0 comments:


PROGRAM ACARA UNGGULAN : 05-06 NGAJI PAGI * 06-07 INFO PAGI*07-09 INDONESIA DANGDUT*09-11 LAGU JAWA* 11-13 KENANGAN*13-15 DANGDUT NGETOP*15-17 TREN MUSIK INDO* 19-21 MUSIK TO ORANG MUDA*21-00 TOPREQUEST

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online | WA : 0856 0203 7951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj |085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id