RADIO SINGOSARI TOPFM || 95.1 MHz ||MORE THAN JUST RADIO ||INSPIRING RADIO ||

Live Radio Streaming


KLIN MORE PLAYER
Post info

Labels: ,


Comments 0


Author: topfmbumiayu

Ada nuansa lain yang terlihat di halaman SMK Karya Bhakti Brebes yang berubah rame karena tidak hanya dipadati pelajar, namun juga ratusan warga masyarakat. Ternyata dihalaman sekolah tersebut tengah digelar Pasar Raya SMK Karya Bhakti. “Ini upaya mendekatkan sekolah dengan warga masyarakat,” tutur Kepala SMK Karya Bhakti Dra Hj Nurhalimah di sela kegiatan, Sabtu (3/3)..

Sehingga, lanjutnya, tidak ada kecanggungan warga masyarakat terhadap SMK dengan berbagai produk pendidikan yang dikelolanya. Pasar Raya, merupakan salah satu produk sekolah yang dikemas dan dikerjakan oleh siswa-siswa jurusan pemasaran.

Para siswa menjajakan dagangannya dalam bentuk pertokoan-pertokoan yang dibuat sendiri dengan ukuran 4X6 meter persegi dengan aneka hiasan. Masing-masing kelompok mengambil tema sesuai selera. Namun sebagian besar mengambil tema ucapan hari raya keagamaan. Antara lain Selamat Hari Raya Idhul Fitri, Merry Christmas dan Gong Xi Fa Chai. Ada pula yang mengambil tema Valentine Day. Diambilnya tema tersebut, karena pada hari-hari raya pertokoan laris. Sebanyak 9 toko berjajar rapi dan indah serta penuh sesak oleh pembeli.

Proses pembelian, tidak menggunakan uang asli. Tetapi dengan menggunakan nota pembelian yang ditukar dibagian kasir. Terlihat Kepala SMK Karya Bhakti Nurhalimah melakukan transaksi pembelian Parsel Idhul Fitri dengan menukar nota pembelian. Para siswa juga sibuk membeli jajanan, cukup dengan nota.

Menurut Nurhalimah, kegiatan Pasar Raya bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri para peserta didik dalam menghadapi pasar global. “Siswa secara berkelompok melakukan kegiatan dari penataan tempat dan barang dagangan, pemasaran dan transaksi jual beli di pasar raya ini,” ujarnya.

Yang lebih utama, kata Nurhalimah, ketika lulus siswa sudah mampu bersaing dalam berwirausaha. Sebab ilmu yang diberikan saat sekolah, bisa menjadi bekal berusaha secara mandiri dalam melakukan kegiatan usaha. “Lulusan SMK Karya Bhakti harus bisa menciptakan pekerjaan. Tidak mencari pekerjaan,” tegasnya.

Pasar Raya juga dijadikan alat ujian kompetensi keahlian bagi siswa kelas XII. Para penguji selain dari internal yang terdiri dari para guru, juga mendatangkan penguji dari eksternal yakni penguji luar. Penguji eksternal berasal dari Dunia Usaha dan Dunia Industri. “kami menggandeng Toko Citra Dewi dan Dedy Jaya Grup,” papar Nurhalimah. Nurhalimah menjelaskan, sebanyak 365 siswa kelas XII tengah menjalani ujian kompetensi keahlian Masa Ujian 2011/2012,.

Sedangkan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 1.262 orang, yang terbagi dalam jurusan Pemasaran 259 siswa, Akuntansi (353), Administrasi Perkantoran (223), Rekayasan Perangkat Lunak (205), Teknik Komunikasi Jaringan (133) dan Multi Media (89). Halimah menambahkan, SMK Karya Bhakti juga telah berhak memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 tentang Sistem Manajemen Pendidikan. Proses Audit Eksternal juga telah dilakukan, tinggal menunggu lounching.

0 comments:


PROGRAM ACARA UNGGULAN : 05-06 NGAJI PAGI * 06-07 INFO PAGI*07-09 INDONESIA DANGDUT*09-11 LAGU JAWA* 11-13 KENANGAN*13-15 DANGDUT NGETOP*15-17 TREN MUSIK INDO* 19-21 MUSIK TO ORANG MUDA*21-00 TOPREQUEST

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online | WA : 0856 0203 7951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj |085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id