LPPL SINGOSARI TOPFM || 95.1 MHz ||MORE THAN JUST RADIO ||INSPIRING RADIO ||
Post info

Labels: , , ,


Comments 0


Author: topfmbumiayu


http://www.topfm951.net/2019/04/idza-ajak-anak-anak-gemar-makan-ikan.html#more


Idza Ajak Anak anak Gemar Makan Ikan


Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengajak anak anak yang masih duduk di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) untuk selalu mengkonsumsi makanan berbahan ikan. Makan ikan penting penting dilakukan agar anak anak sehat, kuat dan cerdas.

Ajakan tersebut disampaikan Idza saat sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan  Makan Ikan (Gemarikan) Dinas Perikanan Kabupaten Brebes dan  Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) di lapangan Asri Bumiayu, Selasa (9/4).

"Ayo anak-anakku, setiap hari harus makan ikan ya. Biar sehat, kuat dan sehat," ajak Idza kepada 1500 anak-anak PAUD dan TK beserta guru dan wali muridnya  se Kecamatan Bumiayu.

Bupati mengingatkan,  salah satu upaya peningkatan status gizi anak adalah dengan pemberian makanan tambahan anak sekolah. Dimana tujuan pemberian makanan tambahan seperti ikan bisa mencegah kekurangan protein bagi anak, juga memberikan ketahanan tubuh siswa pada saat jam belajar.

PMTAS, kata Idza, bisa mengurangi  kebiasaan jajan yang kurang sehat. Banyaknya   pedagang  jajanan anak yang mangkal di sekitar sekolah yang biasanya banyak mengandung pemanis buatan, pengawet dan penyedap yang tidak baik untuk kesehatan. Dengan adanya program PTMAS diharapkan anak sekolah dapat mengurangi kebiasaannya mengkonsumsi jajanan dan beralih pada makanan sehat yang bebas dari zat berbahaya.

Makanan tambahan yang diberikan, lanjutnya, makanan yang bersih, sehat dan bergizi. Dan salah satu jenis makanan yang memenuhi kriteria gizi berimbang adalah ikan. Karena ikan merupakan produk pangan yang mengandung protein hewani yang tinggi karena di dalamnya terkandung asam lemak tidak jenuh dan omega 3, yang mampu meningkatkan kecerdasan bagi anak.

"Setiap keluarga, dalam menu makan sehari-hari diupayakan dan ditingkatkan khususnya protein hewani yang berasal dari ikan. Sehingga kebutuhan nilai gizi terutama pada masa pertumbuhan dapat terpenuhi," ujar Idza ajaknya lagi.

Kepala Dinas Perikanan Kab Brebes Gatot Rudiono menyampaikan bahwa gemarikan menjadi agenda rutin tahunan dan sudah diangarkan.  Dia mengajak anak-anak untuk gemar makan ikan sebagai upaya gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Dalam sosialisasi ini, Gatot menjelaskan, mengenai pentingnya makan ikan, seperti kandungan nilai gizi yang sangat tinggi dan lengkap. Baik protein, mineral, vitamin dan lemak dengan asam lemak tidak jenuh.

"Mengkonsumsi ikan mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak," kata Gatot.

Gatot menambahkan, salah satu cara agar anak-anak gemar makan ikan yaitu dengan mengolahnya dalam berbagai bentuk, seperti nugget atau olahan ikan lainnya.

"Selain lebih kekinian,  kekhawatiran akan tersedak duri akan terhindar, dan anak-anak lebih tertarik untuk mengkonsumsi setelah diolah dalam bentuk lain," ucapnya.

Camat Bumiayu Apriyanto menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perikanan yang menggelar sosialisasi Gemarikan Tahun 2019,  Senam Gemari Bersama dan PMTAS, yang diikuti ratusan anak PAUD dan TK beserta guru dan wali murid di wilayah Kecamatan Bumiayu.

Selanjutnya, permohonan maafpun dilontarkan Apri, karena cuaca, kondisi lapangan Asri atau lokasi yang digunakan mungkin kurang nyaman, dan becek, dikarenakan kemarin siang hujan deras mengguyur wilayah selatan. Mudah-mudahan, kegiatan hari ini akan memberikan kebanggaan dan kebahagiaan bagi masyarakat wilayah Kecamatan Bumiayu dengan kehadiran Ibu Bupati Brebes di tengah-tengah kita.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Kepala Dinas Perikanan, Gatot Rudiono, Kepala Dinas Dikpora Tahroni, Camat Bumiayu, Apriyanto Sudarmoko, dan juga para guru Paud, TK serta wali murid. (Otz/Wsd/topfm).

0 comments:


PROGRAM ACARA UNGGULAN : 05-06 NGAJI PAGI * 06-07 INFO PAGI*07-09 INDONESIA DANGDUT*09-11 LAGU JAWA* 11-13 KENANGAN*13-15 DANGDUT NGETOP*15-17 TREN MUSIK INDO* 19-21 MUSIK TO ORANG MUDA*21-00 TOPREQUEST

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online / WA : 085602037951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj | WA|085326111234
Copyright 2010 | topfm951 | bumiayu | Radio