LPPL SINGOSARI TOPFM || 95.1 MHz ||MORE THAN JUST RADIO ||INSPIRING RADIO ||
Post info

Labels: , , , , ,


Comments 0


Author: topfmbumiayu


http://www.topfm951.net/2019/07/laporkan-bila-temukan-rokok-bercukai.html#more
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes Johari SH melalui Kabid Komunikasi dan Kehumasan Lusiana Indira Isni SSos MIkom mengajak masyarakat untuk melaporkan ke pihak yang berwajib bila menemukan rokok bercukai palsu. Pasalnya, rokok tersebut melanggar undang undang dan juga bisa merusak kesehatan.
Demikian disampaikan Lusiana saat Sosialisasi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai di aula obyek wisata Tirta Husada, Cipanas, Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan, Brebes, Selasa (30/7).
Selain petugas Bea dan Cukai, Pemkab, Pemdes, dan masyarakat harus berperan aktif mengawasi dan melaporkan jika menemukan barang-barang dengan cukai palsu, serta terindikasi ilegal.
Lusi mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam memberantas peredaran rokok tanpa cukai. Peran serta masyarakat dapat dilakukan dengan tidak membeli rokok tanpa cukai itu. Juga melakukan penyadaran pada masyarakat lainnya dan juga menginformasikan pada pihak berwenang.
"Mari kita gempur peredaran rokok tanpa cukai atau cukai palsu agar tidak terus beredar," tegas Lusi.
Selanjutnya, masyarakat juga diminta untuk ikut serta menyebarkan informasi-informasi yang positif di lingkungannya. Hal itu penting selain untuk memberantas berita hoaks yang menyesatkan.
"Informasi positif penting untuk disebarkan pada masyarakat umum dan ini diharapkan dapat dilakukan oleh masyarakat, terutama mereka yang biasa disebut sebagai jurnalis warga," tutur Lusi.
Lusi mengutarakan, ada beberapa hal yang menarik yaitu masyarakat di daerah yang juga ikut mengawasi cukai di lapangan, terkadang sering menemukan rokok yang belum dilengkapi pita cukai dan ada pula cukai palsu.
"Rokok tanpa cukai masih banyak beredar dan itu merugikan bagi negara,"
Sosialisasi digelar atas kerja sama Dinkominfotik dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal. Sosialisasi mengusung tema "Mari Bersama Berantas Peredaran Rokok Tak Bercukai/Bercukai Palsu".
Kasubsi Intelejen Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Tegal, Gatut Susetya Aji menerangkan, sosialisasi ini dilaksanakan demi mewujudkan misi untuk menghentikan peredaran rokok ilegal, dan peredaran pita cukai palsu. Selain itu, meminta kesediaan masyarakat untuk menjadi agen pemantau barang-barang ilegal yang beredar di sekitar mereka.
“kami harapkan empati dan peran serta masyarakat langsung ataupun secara tidak langsung dengan cara menginformasikan kepada Kantor Bea Cukai Tegal,” ajaknya.
Gatut memaparkan, barang-barang yang tergolong ilegal dan dapat dilaporkan di antaranya rokok ilegal dan peredaran minuman ilegal. Berdasarkan pantauan di lapangan, peredarannya semakin meluas. Maka sudah pasti dibutuhkan bantuan masyarakat yang setiap saat menjumpai supaya bisa melapor.
Perlu diketahui, kata Gatut, bentuk dan nama rokok palsu yang marak beredar hampir mirip dengan aslinya, namun dijual dengan harga yang sangat murah.
Ciri-ciri barang dengan cukai palsu adalah rokok polos tanpa pita cukai, pita cukai bekas yang direkatkan kembali. Pita cukai yang dipalsukan jarang sekali ditemukan karena perlu teknologi canggih dan pita cukai yang bukan peruntukannya misalnya dalam kemasan tertera untuk 10 batang, tapi dipasang pada kemasan 12 batang, bisa juga pita cukai rusak.
“Contoh merek rokok yang dipalsukan adalah KUNCI, HOKI, LARIS, BOLA EMAS, S3, MAX dengan harga jual di bawah Rp 5 ribu perbungkus,” katanya.
Tampak hadir dalam acara tersebut, Kabid Komunikasi dan Kehumasan Dinkominfotik Lusiana Indira Isni SSos MIkom, Kasi Pengelolaan informasi dan Diseminasi Ahmad Rofi, Kasubsi Intelejen Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Tegal, Gatut Susetya Aji, Kasie Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe madya Pabean C Tegal Lucia Itaning Prasetya, perwakilan Kepala Satpol PP Basyir, dan dari Bagian Perekonomian Setda Brebes Abdul Karim, serta tamu undangan lainnya. (SPT/WSD/topfm)

0 comments:


PROGRAM ACARA UNGGULAN : 05-06 NGAJI PAGI * 06-07 INFO PAGI*07-09 INDONESIA DANGDUT*09-11 LAGU JAWA* 11-13 KENANGAN*13-15 DANGDUT NGETOP*15-17 TREN MUSIK INDO* 19-21 MUSIK TO ORANG MUDA*21-00 TOPREQUEST

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online / WA : 085602037951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj | WA|085326111234
Copyright 2010 | topfm951 | bumiayu | Radio