RADIO SINGOSARI TOPFM || 95.1 MHz ||MORE THAN JUST RADIO ||INSPIRING RADIO ||

Live Radio Streaming


KLIN MORE PLAYER
Post info


Comments 0


Author: topfmbumiayu

 

www.topfm951.net (Brebes) - Juru sembelih halal (Juleha) menjadi gerbang pangan halal karena mampu menghasilkan pangan asal hewan yang aman sehat utuh dan halal (Pa Asuh). Bila para Juleha salah dalam menyembelih maka hewan yang disembelih menjadi haram. Untuk itu, kompetensi para Juleha perlu ditingkatkan agar memenuhi standar kompetensi sebagaimana yang dipersyaratkan dalam undang-undang nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Demikian disampaikan Pj Bupati Brebes melalui Asisten Sekda bidang Perekonomian dan Pembangunan Agus As’ari BAE ST MT saat membuka Sertifikasi Kompetensi Profesi Juru Sembelih Halal di Aula Jabres Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, Rabu (26/07).

Agus mengatakan pelaksanaan sertifikasi kompetensi profesi Juleha ini dalam rangka mendukung program sertifikasi halal nasional yang harus sudah berlaku di seluruh Indonesia pada 17 Oktober 2024. Juga sesuai amanat undang-undang nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal.

“Kita berupaya menyiapkan bahan pangan asal hewan yang aman sehat utuh dan halal (ASUH) yang dimulai dari proses penyembelihan hewan baik hewan berkaki empat seperti Sapi, Kambing, Domba, Kerbau maupun unggas seperti Ayam dan Itik yang dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) maupun Rumah Potong Unggas (RPU).

Agus menandaskan, Sertifikikat Kompetensi yang dikeluarkan oleh Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor sudah terstandar dan diakui di tingkat nasional dan internasional. Jadi sangat beruntung bila para Juleha sudah mengantongi sertifat pada ujian sertifikasi saat ini.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kab Brebes drh Ismu Subroto menjelaskan, jJumlah RPH milik pemerintah di Kabupaten Brebes sebanyak 5 unit. Yakni, RPH Brebes, RPH Banjarharjo, RPH Bumiayu, RPH Jatibarang dan RPH Ketanggungan. Sedangkan jumlah Rumah Potong Unggas (RPU) sebanyak 192 unit dan Tempat Pemotongan Hewan (TPH) sebanyak 34 unit yang tersebar di 17 kecamatan se Kabupaten Brebes.

DPKH Kabupaten Brebes menargetkan di setiap desa minimal terdapat satu orang Juleha bersertifikat dengan program Sadesa Juleha (satu desa satu juru sembelih halal).
“Pelatihan, bimtek dan sertifikasi kompetensi juleha masih sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi juleha, agar diakui sebagai profesi yang bersertifikat dan profesional,” pungkas Ismu.


Panitia Penyelenggara Sertifikasi Juleha BBPKH Cinagara Bogor M Bayu Aji mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Pemkab Brebes dengan BBPKH Cinagara Bogor. Utamanya perihal pengembangan sumber daya manusia di bidang peternakan dan kesehatan hewan sebagaimana ditandatangani pada 21 Juni 2023 lalu. Sertifikasi Kompetensi Profesi Juru Sembelih Halal diikuti 60 orang yang terdiri 36 orang dari Kabupaten Brebes dan 24 dari kabupaten/kota sekitar. Sertifikasi dilaksanakan 26-28 Juli 2023 di Brebes.
 
“Manfaat sertifikasi kompetensi profesi juru sembelih halal salah satunya dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Brebes. Selain itu, bagi yang sudah memegang seritifikat bisa mendapatkan kesempatan untuk berkarir di luar negeri, karena keterampilannya sudah bisa dipertanggungjawabkan dan makin meningkat kalau bekerja di luar negeri,” tandasnya.

Turut hadir, Kepala DPKH Provinsi Jawa Tengah Ir Agus Wariyanto, Kepala BBPKH Cinagara Bogor Dr Wasis Sarjono, Kepala DPKH Kabupaten Brebes drh Ismu Subroto serta pengurus DPD Juleha Kabupaten Brebes.


Penulis: Agus Awaludin
Editor: Wasdiun

0 comments:


PROGRAM ACARA UNGGULAN : 05-06 NGAJI PAGI * 06-07 INFO PAGI*07-09 INDONESIA DANGDUT*09-11 LAGU JAWA* 11-13 KENANGAN*13-15 DANGDUT NGETOP*15-17 TREN MUSIK INDO* 19-21 MUSIK TO ORANG MUDA*21-00 TOPREQUEST

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online | WA : 0856 0203 7951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj |085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id