RADIO SINGOSARI TOPFM || 95.1 MHz ||MORE THAN JUST RADIO ||INSPIRING RADIO ||

Live Radio Streaming


KLIN MORE PLAYER
Post info


Comments 0


Author: topfmbumiayu

 

www.topfm951.net (Paguyangan) - Sebagai  wujud rasa syukur atas limpahan rejeki yang diberikan Tuhan, ribuan warga masyarakat desa pandansari kecamatan paguyangan kabupaten brebes menggelar Kirab budaya Ratiban yang dipusatkan di Kawasan Obyek wisata Telaga Ranjeng Kaligua PandanSari Paguyangan Jumat ( 28/7 ).

 

Dalam tradisi Kirab budaya Ratiban tersebut, sebanyak 50 tumpeng di arak sepanjang 1 km dari halaman Kantor Balai Desa Pandansari menuju Kawasan Obyek Wisata Telaga Ranjeng. 

 

Ribuan warga masyarakat ikut serta mengiringi pawai tumpeng tersebut melintasi indahnya pemandangan alam lereng Gunung Slamet , tiba di lokasi telaga ranjeng disambut tarian lengger jaipong yang di iringi gandingan khas pegunungan.

 

Kepala Desa (Kades) Pandansari Irwan Susanto, ST  menjelaskan Ratiban merupakan acara yang telah turun-temurun dilakukan setiap tahunya oleh warga Masyarakat Pandansari.

 

Dalam tradisi Ratiban berbagai kegiatan dilakukan sebagai rasa syukur atas anugrah dari tuhan yang telah diberikan kepada masyarakat pandansari. Kegiatan tersebut biasanya diisi dengan pembuatan aneka tumpeng dari hasil pertanian masyarakat, serta menampilkan berbagai kesenian tradisional yang ada di Desa Pandansari.

 

Irwan menambahkan kebudayaan Ratiban juga merupakan esensi dari kegotong-royongan, keguyuban warga masyarakat, maka dari itu kedepan kegiatan tersebut akan tetap dilestarikan dan terus diuri-uri.

 

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin,SH,MH yang di wakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Brebes Rofiq Qoidul Adzam mengapresiasi atas suksesnya kegiatan tersebut, kegiatan Ratiban diharapkan mampu mempererat kerukunan dan keguyuban Masyarakat Pandansari. Di tambahkan diharapkan bisa menjadi even skala nasional dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor pariwisata apalagi saat ini pemkab brebes sedang mendorong Kawasan obyek wisata kaligua menjadi Kawasan segitiga emas pariwisata yang nantinya terhubung antara obyek wisata guci tegal, dan obyek wisata baturaden purwokerto banyumas.

 

Untuk menarik wisatawan datang ke obyek wisata kaligua akses jalan menuju lokasi juga sedang dilakukan peningkatan dengan tolal anggaran lebih dari 19 milyar.

 

Kegiatan Ratiban tersebut juga dihadiri dari berbagai kalangan dan tokoh nasioanal seperti Agung Widyantoro,SH,M.SI Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Fuad Hidayat, S.Sos,MSi Anggota DPRD Jawa Tengah dari Fraksi PKB, H. Ahmad Zamroni Anggota DPRD Kab. Brebes Fraksi PKB, Ferry Anggrianto tokoh pemuda Brebes dan calon  anggota DPRD Kab. Brebes dari Partai PDIP, Camat Paguyangan dan ribuan warga masyarakat paguyangan.

 

REPORTER : BAYU AKHMAD/RISQY BAHTIAR

0 comments:


PROGRAM ACARA UNGGULAN : 05-06 NGAJI PAGI * 06-07 INFO PAGI*07-09 INDONESIA DANGDUT*09-11 LAGU JAWA* 11-13 KENANGAN*13-15 DANGDUT NGETOP*15-17 TREN MUSIK INDO* 19-21 MUSIK TO ORANG MUDA*21-00 TOPREQUEST

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online | WA : 0856 0203 7951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj |085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id