RADIO SINGOSARI TOPFM || 95.1 MHz ||MORE THAN JUST RADIO ||INSPIRING RADIO ||

Live Radio Streaming


KLIN MORE PLAYER
Post info


Comments 0


Author: topfmbumiayu

 


www.topfm951.net (Brebes) - Belasan Kelompok Tani di Kabupaten Brebes mendapat bantuan hibah dari Kementerian Pertanian RI berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan). Bantuan diserahkan Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH M Hum secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani, di aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kab Brebes, Senin (3/6/2024).

Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar berharap, dengan ada bantuan hibah ini para kelompok tani khususnya bisa mempergunakan semaksimal mungkin. Bila belum bisa menggunakan, minta dibelajari dulu, agar bisa maksimal dan mengurangi cepatnya kerusakan mesin. Pahami betul teknik kemanfaatannya dan saling merawat secara berkala.  

"Ini adalah wujud perhatian pemerintah pada para kelompok tani. Sehingga untuk kedepannya bantuan hibah yang telah diberikan dapat menumbuhkan pertanian di Kabupaten Brebes dan juga sebagai penunjang hasil pertanian yang ada di wilayah Jawa Tengah", ungkap Iwan.

Lanjut Iwan, hibah tersebut nantinya harus berkemang. Hari ini diberikan satu kelompok tani kita berikan 18 unit tractor dan ke depan bisa berkembang menjadi 36 unit dan seterusnya. Artinya, bila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka dapat meningkatkan hasil pertanian yang lebih maksimal. Bisa membeli lagi alsintan tractor dan berikan dengan sistem pinjam pakai.

Kepala DPKP Brebes Ir Yulia Hendrawati MSi dalam laporannya menyampaikan sebanyak 18 unit traktor roda dua yakni bantuan hibah dari pemerintah pusat, 60 unit pompa air 3 inch Brigade, dan 56 unit handsprayer. Yuli berharap bantuan alat ini agar dikelola dan bermanfaat dalam usaha tani. Tentu dengan adanya bantuan ini, pihaknya berpesan agar bisa dikelola dengan sebaik mungkin dan bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mewujudkan sektor pertanian yang tidak hanya maju, namun mandiri dan modern.

Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Sapto Broto menambahkan bahwa saat ini baik TNI maupun pemerintah daerah sedang gencar-gencarnya memberikan bantuan pada para petani di Kabupaten Brebes dalam rangka mengatasi darurat pangan. Karena cuaca bulan kemarin kita telah dilanda elnino dan ke depan dari BMKG juga memprediksi bulan Juli hingga Agustus mendatang sudah mulai kemarau. Sehingga banyak perhatian dari Kementerian Pertanian kepada para petani, seperti Alsintan pompanisasi.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, bahkan Kodim sendiri juga mendapatkan bantuan pompanisasi sebanyak 40 unit dalam rangka untuk memperkuat sistem pompanisasi dan pipanisasi irigasi pertanian. Hal ini bisa membantu lebih banyak pertanian masyarakat sesuai apa yang telah diamanatkan oleh Kementerian Pertanian.

Tujuan pompanisasi pengairan lahan sawah dilakukan karena kurangnya kebutuhan pengairan dari saluran irigasi yang ada sehingga petani memanfaatkan air tanah dengan cara pompanisasi untuk mencukupi kebutuhan pengairan pada lahan sawah agar sawah tetap bisa produksi. Bila terpenuhi kebutuhan air pada masa tanam akan meningkatkan hasil panen sehingga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Brebes tetap terpenuhi.

“Dalam upaya mewujudkan swasembada pangan di wilayah Brebes, Kodim siap membantu mengatasi setiap kendala yang dihadapi para petani di lapangan. Di saat memasuki masa tanam tahun 2024 apa yang menjadikan kendala petani di wilayah dengan sigap siap membantu para petani,” tutup Dandim.

Penerima bantuan Alsintan didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0713/Brebes, Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Brebes, Kepala Dinas DPKP, Kepala Dinas Pengairan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Brebes dan undanan lainnya.


Penulis: Suprapto
Editor: Wasdiun

0 comments:


PROGRAM ACARA UNGGULAN : 05-06 NGAJI PAGI * 06-07 INFO PAGI*07-09 INDONESIA DANGDUT*09-11 LAGU JAWA* 11-13 KENANGAN*13-15 DANGDUT NGETOP*15-17 TREN MUSIK INDO* 19-21 MUSIK TO ORANG MUDA*21-00 TOPREQUEST

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online | WA : 0856 0203 7951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj |085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id