RADIO SINGOSARI TOPFM || 95.1 MHz ||MORE THAN JUST RADIO ||INSPIRING RADIO ||

Live Radio Streaming


KLIN MORE PLAYER
Post info

Labels: , , , , ,


Comments 0


Author: topfmbumiayu


http://www.topfm951.net/2019/07/cegah-sampah-menggunung-pengelola-bank.html#more
Sampah telah menjadi persoalan bersama hingga merambah ke pelosok pedesaan. Apalagi dengan jumlah penduduk yang besar maka sampah menjadi persoalan sendiri. Termasuk di Kabupaten Brebes dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.800.300 jiwa.
"Untuk mengurangi timbunan sampah, maka pengelola bank sampah harus bekerja maksimal," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes Edy Kusmartono, di sela seminar Bank Sampah di Hotel Anggraeni Ketanggungan Brebes, Sabtu (21/7).
Menurut Edy, penting bagi pengelola bank sampah untuk meningkatkan kapasitasnya sehingga perlu duduk bersama dalam seminar bank sampah.
Di Kabupaten Brebes, lanjutnya, setidaknya ada timbunan sampah 1.083, 78 Ton perhari atau sekitar 395.579,70 Ton pertahun dimana dengan jumlah sebesar itu cukup untuk menutupi lahan seluas 1.582.318,80 meter dengan ketebalan tidak kurang dari 1 meter.
Data tersebut dianggap sangat luar biasa dan menjadi sebuah tantangan yang sangat tidak mudah untuk mengatasinya jika tidak ada kesadaran dan tanggung jawab bersama.
Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH saat membuka sarasehan menegaskan, kebijakan sebagus apa pun dengan anggaran tak terbatas sekali pun dalam pengelolaan persampahan akan terasa sia sia jika tidak ada kerjasama yang harmonis dari semua pihak.
Menurut Narjo, permasalahan sampah merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya Pemerintah, melainkan juga semua lapisan Masyarakat yang ada.
Narjo mengatakan salah satu peran masyarakat untuk mewujudkan kepedulian akan sampah bisa dilakukan dengan mendirikan bank sampah. Karena melalui bank sampah kegiatan pengurangan sampah dari sumbernya dan pengelolaan sampah dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dapat dilakukan.
Mengingat peran setrategis yang dapat dilakukan bank sampah maka Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH berharap disetiap desa ada bank sampah yang dapat menjadi Agen Pengedukasi sekaligus sebagai Mitra Pemerintah dalam segala kegiatan pengembangan pengelolaan sampah berbasis masyarakat.
Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes Agus Kholik SE  dalam laporanya mengatakan kegiatan Sarasehan Bank Sampah mengambil  tema Biru Langitku, Hijau Bumiku.
Saresehan diikuti 50 peserta yang berasal dari perwakilan pengelola Bank Sampah yang ada di  Brebes wilayah tengah dan utara  dengan narasumber antara lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes Drs Edy Kusmartono Msi, Direktur Bank Sampah Dewi Sinta Kota Tegal Rochimatin, Direktur Bank Sampah Mawar biru Kota tegal dan komunitas Rutela Nurlaelatul Aqifah.
Peserta mendapatkan materi antara lain kebijakan dan pelaksanaan pengelolaan persampahan di Kabupaten Brebes, membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, dan pelaksanaan 3R melalui Bank Sampah. (YA / WSD/topfm)

0 comments:


PROGRAM ACARA UNGGULAN : 05-06 NGAJI PAGI * 06-07 INFO PAGI*07-09 INDONESIA DANGDUT*09-11 LAGU JAWA* 11-13 KENANGAN*13-15 DANGDUT NGETOP*15-17 TREN MUSIK INDO* 19-21 MUSIK TO ORANG MUDA*21-00 TOPREQUEST

Studio/Office :

Jl. Raya Paguyangan No.12 Paguyangan (Bumiayu) Kab.Brebes 52276

Telp.0289 432995 | SMS Online | WA : 0856 0203 7951 | www.topfm951.net
CP | dispa dj |085326111234
Email: topfm951@yahoo.co.id